Kamis, 14 Januari 2010

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN

model Pembangkit Listrik Tenaga Angin

wt1.jpg

Model Pembangkit Listrik Tenaga Angin ini cukup mudah untuk dibuat, saya pikir mungkin lebih cocok untuk anak SMP kelas 2 atau 3, tapi tidak tertutup kemungkinan untuk anak-anak usia lain yang tertarik dengan Ilmu Alam/fisika. Akan sangat baik kalau kegiatan pembuatan model ini dijadikan kegiatan praktikum di sekolah. Untuk siswa SD mungkin mereka bisa melihat gurunya membuat dan mendemonstrasikan model turbin angin ini, sementara siswa SMP atau SMA mereka bisa membuat model turbin angin ini dengan supervisi dari ibu/bapak guru tentunya, pasti kegiatan membuat model turbin angin ini sangat menarik dan menantang bagi para siswa untuk dijadikan kegiatan praktek disekolah, karena selama ini pelajaran-pelajaran fisika lebih banyak membaca teori dibandingkan praktek, padahal menurut saya untuk memberikan pemahaman tentang suatu teori cara yang paling baik adalah dengan praktek.

Model ini saya dapat ketika sedang browsing tentang turbin angin, Dengan pengerjaan yang baik, model ini bisa menghasilkan listrik AC sampai 4 Volt, cukup untuk menyalakan sebuah bola lampu kecil atau sebuah lampu LED (Light Emitting Diode). Model turbin angin ini bisa menjadi contoh yang baik pemanfaatan energi angin, proses terjadinya energi listrik dan dapat dimodifikasi untuk menghasilkan tenaga listrik yang lebih besar.

wt3.jpg

Kalau saya memposisikan diri saya menjadi seorang guru fisika, setelah pengerjaan model ini secara berkelompok selesai, saya akan meminta murid2 saya untuk memikirkan modifikasi pada model ini agar dapat menghasilkan listrik yang lebih besar, dan minggu depannya saya akan meminta mereka membuat modifikasi yang telah mereka rencanakan! pasti akan banyak ide2 baru yang akan muncul. Harapan saya, melalui kegiatan semoga para guru bisa menjadikan fisika/ilmu pasti menjadi pelajaran yang menarik dan membuat sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi para siswa. Dengan kegiatan ini diharapkan akan muncul generasi muda yang cerdas dan inovatif dalam pemanfaatan energi alternatif.

1 komentar: